Workshop Review Kurikulum KKNI

Workshop Review Kurikulum KKNI di Yogyakarta. Sebagai sebuah program studi yang sedang berkembang, PIAUD STAI Al Hikmah Tuban menggelar workshop dalam rangka melakukan review terhadap kurikulumnya. Dalam kegiatan ini, ketua prodi PIAUD STAI Al Hikmah Ibu Laily Hidayati, M.Psi., Psikolog menyampaikan bahwa review kurikulum memrupakan keharusan pengelola prodi, dalam rangka menyesuaikan capaian pembelajaran lulusan yang mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) serta kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Kurikulum yang terbarukan akan menjadi semangat prodi dalam menyesuaikan materi-materi ajar perkuliahan dan memperbaiki mutu lulusan. Melalui kegiatan ini, penyelenggaran menemukan beberapa poin yang harus dibenahi berkaitan dengan sebaran dan struktur kurikulum lama Prodi PIAUD STAI Al Hikmah Tuban. Di antaranya adalah sebagai berikut:

KKNI harus berinti pada keahlian yang marketable.
Penyusunan kurikulum harus sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Tuban. Beberapa struktur matakuliah yang ada dinilai belum sesuai dengan VMTS STAI Al Hikmah Tuban.
Misi Prodi PIAUD STAI Al Hikmah Tuban harusnya memuat empat hal, yaitu kerjasama, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Deskripsikan profil lulusan secara benar sesuai kualifikasi penjenjangan pendidikan dalam rumusan KKNI.
Profil tambahan dalam profil lulusan (wirausahawan dalam bidang pendidikan anak usia dini) harus jelas, tidak diperbolehkan menggunakan kata “dan lain-lain”. Agar lebih fokus
Perlunya menampakkan “distingi” atau “excelensi” dalam struktur matakuliah. Karena itulah salah satu ciri KKNI.

Dan masih terdapat poin-poin penting lainnya yang menjadi catatan pengelola prodi PIAUD STAI Al Hikmah Tuban untuk memperbaiki diri. Acara yang dihadiri oleh sekitar 25 pengelola prodi PIAUD yang merupakan anggota dari Perkumpulan Program Studi PGRA Indonesia tersebut merupakan salah satu hal yang sangat disyukuri oleh pengelola Prodi PIAUD Al Hikmah Tuban karena melalui wadah perkumpulan program studi tersebut, banyak hal yang dapat diinisiasi menuju tercapainya visi misi tujuan dan sasaran prodi PIAUD STAI Al Hikmah Tuban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *