Kurikulum

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Pengetahuan

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi konsep-konsep teoretis di bidang ilmu pendidikan anak usia dini yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
  2. Menguasai teori penelitian PIAUD dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran guru PAUD;
  3. Menguasai karakteristik peserta didik PAUD dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual;
  4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran di PAUD;
  5. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi neurosains (ilmu berpikir)/ berpikir sehat yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ilmu pendidikan anak usia dini;
  6. Mengetahui ragam wirausaha di bidang PAUD dan pembelajaran AUD dalam kerangka pengembangan pembelajaran di PAUD yang kreatif dan inovatif;

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskriptif saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengkaji (meneliti) implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  2. Mampu menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis dan inovatif dalam konteks mendesain kurikulum PAUD yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang ilmu pendidikan anak usia dini;
  3. Mampu menerapkan sebagai guru PAUD profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional;
  4. Mampu memanfaatkan media dan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna dalam pembelajaran PAUD;
  5. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di PAUD secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;
  6. Menguasai dan menerapkan teknik-teknik statistik dasar;
  7. Mampu menerapkan perencanaan pembelajaran sesuai kebutuhan anak usia dini yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD;
  8. Mampu menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis dan inovatif dalam konteks model-model pembelajaran yang dikembangkan di PAUD;
  9. Mampu menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD;
  10. Mampu mengaplikasikan pengelolaan pembelajaran untuk memposisikan dan mengembangkan Kelas PAUD sebagai bagian integral dalam pelaksanaan pendidikan karakter;
  11. Mampu menyelenggarakan pendidikan anak usia dini yang mendidik dan menyenangkan sesuai dengan kebutuhan anak;
  12. Mampu menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis dan inovatif dalam konteks identifikasi berbagai macam kebutuhan anak usia dini sesuai dengan perkembangan anak;
  13. Mampu berkomunikasi dan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks pengemb perkemb anak dan penyelesaian masalah anak di komunitas akademik maupun masyarakat umum;
  14. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang tumbuh kembang anak yang mencakup aspek fisik- motorik, sosial-emosional, bahasa, kognitif dan moral- keagamaan berdasarkan hasil analisis informasi dan data psikologi perkembangan serta terampil merancang stimulasi edukatif berbagai aspek perkembangan tersebut secara edukatif;
  15. Mampu menyelenggarakan pendidikan anak berkebutuhan khusus untuk anak usia dini dalam rangka perkembangan PAUD yang holistik dan integratif;
  16. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bimbingan konseling AUD dan anak berkebutuhan khusus, berdasarkan hasil analisis informasi dan data psikologi pendidikan, perkembangan, dan psikologi abnormal;
  17. Terampil mengelola pembelajaran anak usia dini di dalam maupun di luar lembaganya;
  18. Mampu mengaplikasikan ragam wirausaha di bidang pendidikan anak usia dini;
  19. Terampil menerapkan pembelajaran kognitif dan bahasa anak usia dini;
  20. Terampil menerapkan pembelajaran sosial dan emosi untuk anak usia dini;
  21. Terampil menerapkan pembelajaran moral dan agam untuk anak usia dini;
  22. Terampil menerapkan pembelajaran al Quran dan Hadits untuk anak usia dini;
  23. Terampil merancang pengembangan motorik untuk anak usia dini;
  24. Terampil merancang pengembangan pembelajaran sains dan matematika untuk anak usia dini;
  25. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan pada RA/TK/PAUD;
  26. Terampil mengembangkan kreativitas AUD dan menerapkan teknik menggambar/ melukis dalam pembelajaran AUD;
  27. Mampu menciptakan pembelajaran anak usia dini yang menyenangkan secara mandiri;
  28. Terampil merancang pentas seni musik, seni tari dan sosiodrama spektakuler untuk Anak Usia Dini yang menarik dan menyenangkan;
  29. Terampil merancang pembelajaran desain dan produksi alat peraga/ permainan edukatif;